Penyakit-Penyakit pada Ikan Air Tawar

Ada sejumlah penyakit yang bisa menyerang ikan air tawar, berikut ini adalah penyakit-penyakit yang sering muncul, bahasan ini dilengkapi dengan gejala dan pilihan perawatan yang bisa anda lakukan.

Keracunan Amonia

Bila akuarium anda menyebabkan keracunan amonia, maka akan terjadi pendarahan atau kemerah-merahan pada insang ikan. Selain itu, warna ikan akan menjadi lebih gelap daripada biasanya, dan ikan akan berenang ke permukaan untuk menarik udara. Solusi terbaik untuk mengatasi keracunan amonia adalah pencegahan karena keracunan amonia tidak bias disembuhkan. Pertama-tama anda tidak boleh memasukkan ikan ke dalam akuarium baru karena akuarium baru harus melalui proses pengendapan selama enam minggu ke atas.

Setelah pengendapan, anda harus memeriksa level nitrat, nitrit dan amonia sebelum anda memasukkan ikan. Bahkan setelah pengendapan, kami menyarankan anda untuk memasukkan ikan yang murah terlebih dahulu. Kami juga menyarankan anda untuk menambahkan sistem filtrasi kering/basah untuk akuarium air laut atau filter biologis air tawar. Masalah ini sering terjadi pada akuarium baru, terutama bila akuarium langsung diisi dengan ikan.

Meskipun amonia dalam jumlah kecil tidak berbahaya, tetapi seiring waktu amonia bisa menjadi masalah. Hal terpenting yang dapat anda lakukan adalah memahami proses pengendapan dan mempertahankan level amonia yang dapat diterima. Dalam banyak kasus, amonia akan muncul dengan kenaikan pH. Bila hal ini tejadi, insang ikan akan rusak bila level amonia mencapai 0.25 mg per liter.

Penyakit Black Spot

Ikan yang menderita penyakit ini akan muncul titik hitam kecil pada tubuhnya. Secara umum, penyakit ini mudah disembuhkan. Sering kali penyakit Black Spot terjadi pada akuarium baru saat ikan-ikan dimasukkan. Semua ikan berisiko terkena penyakit ini, tetapi ikan Silver Dollar dan Piranha paling rentan.

Katarak

Bila mata ikan anda terdapat selaput abu-abu atau putih, maka mungkin ikan anda mengidap katarak. Ada sejumlah perawatan yang khusus dibuat untuk katarak termasuk Aquatronics dan Eye Fungex. Kuncinya adalah memastikan level amonia dan nitrit pada batas yang dapat diterima. Karena katarak pada ikan terjadi karena pertumbuhan jamur, maka meneteskan fungisida ke dalam akuarium akan sangat bermanfaat.

Corneybacteriosis

Gejala penyakit ini adalah mata ikan yang menonjol. Biasanya penisilin dan tetrasiklin dapat menyembuhkan penyakit ini. Penyakit ini terjadi karena pembengkakan di kepala yang kemudian mendorong mata ikan ke arah luar. Biasanya, Corneybacteriosis disebabkan oleh terlalu banyak ikan dalam akuarium dan kualitas air yang buruk.

Pembengkakan

Gejala pembengkakan meliputi sisi dan perut ikan menggelembung. Selain itu, sisik ikan terdorong ke luar. Masalah ini bukanlah penyakit melainkan tanda infeksi bakteri internal.

Infeksi Bakteri Eksternal

Bila ikan anda menderita infeksi bakteri eksternal, maka akan muncul titik merah atau orange pada tubuh ikan. Selain itu, mungkin juga akan muncul coretan merah pada tubuh ikan, pembengkakan, atau lapisan putih/abu-abu pada tubuh ikan. Untuk menyembuhkan masalah ini, anda dapat menggunakan penisilin, asam naladixic atau tetrasiklin. Perawatan lain yang cukup efektif adalah garam. Meskipun sulit terdiagnosis, bila anda melihat adanya coretan pada tubuh ikan, anda harus segera melakukan perawatan pada ikan anda.

Infeksi Jamur

Bila muncul substansi putih atau mirip kapas pada ikan, terutama di sirip atau mulut, mungkin ikan anda menderita infeksi jamur. Perawatan masalah ini cukup mudah, ada banyak produk komersial seperti MarOxy atau Super Sulfo yang bisa digunakan untuk menyembuhkan infeksi jamur. Sayangnya infeksi jamur bisa berakibat fatal. Infeksi bisa terjadi bila ikan tergores dan hidup dalam air berkualitas buruk. Ingatlah bahwa infeksi jamur sering kali terjadi bila salah satu spesies ikan mengganggu spesies ikan lainnya, jadi anda harus mengamati jenis ikan yang dipelihara dalam satu akuarium.

Ichthyophthiriasis

Sering kali disingkat Ich, gejala penyakit ini adalah muncul titik putih kecil, terutama pada sirip ikan. Menyembuhkan Ich cukup sulit meskipun mungkin saja dilakukan. Anda bisa menggunakan obat komersial yang dibuat khusus untuk mengatasi Ich seperti Maracyn Two atau Super Ich. Titik-titik putih tersebut sebenarnya adalah kantong protozoa kecil.

Bila kantong tersebut pecah, maka parasit akan tinggal pada kerikil-kerikil di dalam akuarium, dan akan berkembang biak. Bila protozoa tumbuh dewasa, protozoa akan menyerang ikan yang sehat. Penyakit ini sangat menular sehingga anda harus segera memulai perawatan. Selain pengobatan, kami menyarankan anda untuk menaikkan suhu akuarium pada siang hari sehingga kantong-kantong akan pecah. Kemudian protozoa akan diserang dengan obat-obatan sebelum berkesempatan untuk berkembang biak.

Infeksi Bakteri Internal

Bila ikan terkena infeksi bakteri internal, maka akan muncul masalah-masalah seperti Pembengkakan. Anda bisa menggunakan berbagai jenis obat-obatan untuk menyembuhkan infeksi ini seperti asam naladixic, penisilin dan tetrasiklin. Meskipun ada banyak bentuk infeksi bakteri internal, kebanyakan mudah diatasi.

Myxobacteriosis

Gejala penyakit ini meliputi percikan hitam pada sirip dan tubuh ikan. Selain itu, seluruh tubuh ikan menjadi menggelembung, atau hanya menggelembung pada area percikan. Satu-satunya obat-obatan yang berhasil mengatasi Myxobacteriosis adalah Phenocide. Penyakit ini jarang terjadi tetapi mudah disembuhkan. Penyebab myxobacteriosis yang paling umum adalah terlalu banyak ikan dalam akuarium, kualitas air yang buruk, terutama bila kadar amonia dan nitrit sangat tinggi.

Infeksi Parasit

Bila ikan anda menderita infeksi parasit, maka akan muncul kutu atau cacing pada tubuh ikan. Pilihan terbaik adalah melepaskan parasit kemudian merawat ikan dalam akuarium karantina dengan CopperSafe atau obat berbahan tembaga lainnya. Perawatan akan berhasil bila masalah terdiagnosis sejak dini.

Penyakit Velvet

Gejala penyakit Velvet adalah titik putih kecil yang terlihat seperti bubuk. Penyakit ini juga disebut Oodinium, mirip dengan Ich meskipun kantong putih pada penyakit ini berukuran lebih kecil. Berita baiknya adalah Penyakit Velvet lebih mudah disembuhkan daripada Ich, dengan menggunakan obat Maracide atau Super Velvet

Diskusi lebih lanjut tentang penyakit ikan hias air tawar, silakan comment di bawah !

Source: www.katystropicalfish.com
Image: http://www.ccpvideos.com/
Translated: VS.

Comments

2 Comments on "Penyakit-Penyakit pada Ikan Air Tawar"

  1. onang says:

    Mo nanya nih kepada bapak/ibu…
    Ikan mas koki sy ko mata nya pada copat ya..
    Trus solusi nya apa yaa untuk pencegahannya supaya gak menular pada ikan hias sy yg lainnya
    Terimakasih sebelum nya atas advis yg di berikan oleh bapak / ibu..

  2. ari sudono says:

    Artikel yang bermanfaat, sukses slalu


Here's your chance to leave a comment!